RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 1 Candimulyo
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Program :
MIA/IIS
Alokasi
Waktu : 4X 45 (2pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI-1 (Sikap Religius)
KI.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 (Sikap Sosial)
KI.2 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
(Memiliki sikap
jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi
permasalahan, sehingga dapat menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha
Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya).
KI-3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI-4 (Keterampilan)
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.
|
3.1.1 Mengidentifikasi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dalam teks prosedur.
3.1.2 Mengidentifikasi informasi berupa
tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3.2.1 Menentukan struktur teks prosedur.
3.2.2 Menentukan kebahasaan teks prosedur.
|
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
4.2 Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan.
|
4.1.1 Menulis atau Menyusun
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan
organisasi yang tepat.
4.2.1 Menulis atau Menyusun
teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.2.2 Mempresentasikan teks
prosedur yang telah dibuat.
4.2.3 Menanggapi atau
mengomentari teks prosedur yang sudah dipresentasikan
4.2.4 Merevisi teks prosedur
yang sudah dibuat dan dipresentasikan
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning,
peserta didik dapat mengidentifikasi informasi pernyataan-pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur, mampu
menentukan, menulis
atau menyusun pernyataan-pernyataan
umum, tahapan-tahapandalam
teks prosedur ,mampu memproduksi,
mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks
prosedur, dengan organisasi yang
tepat secara lisan dan tulis.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Faktual :
a.
Pengertian teks
prosedur.
Judul :
Cara Pembuatan PASPOR
2.
Konseptual :
1. Pengertian teks prosedur
2. Pemahaman pernyataan-pernyataan umum teks prosedur
3. Pemahaman tahapan-tahapan teks prosedur
4. Pemahaman struktur teks prosedur
5. Pemahaman kebahasaan teks prosedur
6. Langkah-langkah membuat teks prosedur
3.
Prosedural :
Langkah-langkah dalam penyusunan teks ceramah adalah:
1.
Memahami pernyataan-pernyataan umum
2.
Memahami tahapan-tahapan
3.
Menentukan topik
4.
Mengumpulkan referensi bahan pembuatan teks prosedur
5.
Membuat pokok-pokok pernyataan umum
6.
Membuat pokok-pokok tahapan-tahapan
5.
Menentukan kerangka
6.
Mengembangkan kerangka menjadi teks prosedur
4. Metakognitif :
1. Memahami
langkah-langkah membuat sesuatu
2. Menyimpulkan
teks prosedur untuk diterapkan dalam relevansi kehidupan sehari-hari
E.
Pendekatan/
Metode/ Model
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi, tanya jawab, penugasan
3. Model : Problem based learning.
F.
Media/
Alat dan Bahan
1. Media/
Alat : Laptop, LCD Projektor
2. Bahan
: Teks
Prosedur
G.
Sumber
Belajar
1. Internet :
2.
Sumber:
-
Buku Pelajaran
Bahasa Indonesia kelas XI
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1:
Tahap Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Peserta
didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan
saling mendoakan.
2. Peserta
didik mendiskusikan informasi secara proaktif tentang hal-hal yang
akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan gurutentang tujuan pembelajaran dan kegiatan
yang harus dilakukan peserta didik melalui tayangan LCD projector.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Simulasi dan
Identifikasi Masalah
4. Peserta
didik mencermati teks prosedur
yang diberikan guru.
5. Peserta
didik menanyakan pernyataan umum dan tahapan-tahapan yang ada pada teks
prosedur.
6. Peserta
didik menyaksikan video prosedur .
7. Peserta
didik membuat kelompok untuk mendiskusikan videoprosedur yang diberikan guru.
8.
Peserta didik menganalisis video prosedur yang diberikan guru.
|
70
menit
|
Mengumpulkan
Informasi
9. Peserta
didik menemukan dan mencatat isi video
prosedur.
10. Peserta didik menemukan dan mencatat pernyataan-pernyataan
umum video prosedur.
11. Peserta didik menemukan dan mencatat tahapan-tahapan
video prosedur.
|
||
Mengolah Informasi
12. Peserta didik merumuskan isi video prosedur.
13. Peserta didik merumuskan pernyataan-pernyataan umum
video prosedur.
14. Peserta didik merumuskan tahapan-tahapan video prosedur.
15. Peserta didik memproduksi teks prosedur dengan
memperhatikan isi, pernyataan-pernyataan umum, dan tahapan-tahapan teks
prosedur.
|
||
|
Verifikasi Hasil
16. Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi tentang isi, pernyataan-pernyataan umum, dan
tahapan-tahapan teks prosedur yang sudah dibuat.
Generalisasi
17. Peserta
didik membuat simpulan hasil diskusi tentang isi, pernyataan-pernyataan umum, dan tahapan-tahapan teks prosedur.
|
|
Kegiatan Penutup
|
18. Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru
tentang isi, pernyataan-pernyataan
umum, dan tahapan-tahapan teks prosedur.
19. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi tentang
proses pembelajaran yang sudah dilakukan.
20. Peserta didik menerima penjelasan tentang tugas
menyusun teks prosedur atau membaca materi yang akan dipelajari
selanjutnya.
21. Peserta didik menjawab salam penutup pelajaran
dari guru.
|
10 menit
|
Pertemuan 2:
Tahap Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Peserta
didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan
saling mendoakan.
2. Peserta
didik mendiskusikan informasi secara proaktif tentang hal-hal yang
akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dan kegiatan
yang harus dilakukan peserta didik melalui tayangan LCD projector.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Simulasi dan
Identifikasi Masalah
4. Peserta
didik mencermati teks prosedur
yang diberikan guru.
5. Peserta
didik menanyakan struktur dan
kebahasaan teks prosedur.
6. Peserta
didik menyaksikan video prosedur.
7. Peserta
didik membuat kelompok untuk mendiskusikan videoprosedur yang diberikan guru.
8. Peserta didik menganalisis video prosedur yang diberikan guru.
|
70
menit
|
Mengumpulkan
Informasi
9. Peserta
didik menemukan dan mencatat isi video
prosedur.
10. Peserta didik menemukan dan mencatat struktur video prosedur.
11. Peserta didik menemukan dan mencatat kebahasaan video
prosedur.
|
||
Mengolah Informasi
12. Peserta didik merumuskan isi video prosedur
13. Peserta didik merumuskan struktur video prosedur
14. Peserta didik merumuskan kebahasaan video prosedur
15. Peserta didik memproduksi teks prosedur dengan
memperhatikan isi, struktur,dan kebahasaan teks prosedur.
|
||
|
Verifikasi Hasil
16. Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi tentang isi, struktur, dan kebahasaan teks
prosedur yang sudah dibuat.
Generalisasi
17. Peserta
didik membuat simpulan hasil diskusi tentang isi, struktur, dan kebahasaan teks prosedur.
|
|
Kegiatan Penutup
|
18. Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru
tentang isi, struktur,
dan kebahsaan teks prosedur.
19. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi
tentang proses pembelajaran yang sudah dilakukan.
20. Peserta didik menerima penjelasan tentang tugas
menyusun teks prosedur atau membaca materi yang akan dipelajari
selanjutnya.
21. Peserta didik menjawab salam penutup pelajaran
dari guru.
|
10 menit
|
1.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Teknik penilaian : Observasi : sikap
religius dan sikap sosial
b.
Bentuk penilaian : lembar
pengamatan
c.
Instrumen penilaian : jurnal
(terlampir)
2.
Pengetahuan
Jenis/Teknik
tes : Tertulis dan
lisan
Bentuk tes : Uraian
a. Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)
3.
Keterampilan
a.
Teknik/Bentuk
Penilaian : Praktik/Performence
b.
Bentuk : Fortofolio, unjuk kerja
c.
Instrumen Penilaian
: (terlampir)
Mengetahui, Candimulyo,
Agustus
2017
Guru Pamong, Mahasiswa PPL 2
Dra. Endah Arumingtyas, M.Pd. Fajarizma
NFM
NIP 196706301992032006 NIM
1410301075
Mengesahkan,
Kepala SMA 1
Candimulyo,
Nurkholiq, S.Pd
NIP 19640623
198703 1 003
Lampiran 1
Pertemuan 1
1.
Materi Faktual:
Cara
Pembuatan PASPOR
Paspor merupakan sebuah
dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri. Paspor hijau yang
dimiliki oleh warga negara biasa dan paspor biru yang dimiliki oleh para
diplomat atau pejabat negara. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak
masa diterbitkan dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum
masa berlaku paspor habis atau kita akan dikenakan denda bila
melebihi 6 bulan sebelum masa berlaku habis.
- Datang dahulu ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat.
- Kemudian anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang anda miliki dan bawalah dokumen yang asli.
- Serahkan formulir yang telah diisi ke loket pendaftaran.
- Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian anda masih lama.
- Apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
- Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
- Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru anda sudah selesai dan bisa diambil.
2.
Materi Konseptual:
1.
Pemahaman pernyataan-pernyataan
umum teks prosedur
2.
Pemahaman tahapan-tahapan
teks prosedur
3.
Materi Prosedural:
Dalam mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur hendaknya tidak secara asal-asalan, namun
juga harus disesuaikan dengan prosedur atau langkah-langkah yang sesuai, adapun
prosedurnya sebagai berikut:
1. Memahami pernyataan-pernyataan umum
2. Memahami tahapan-tahapan
3. Menentukan topik
4. Mengumpulkan referensi bahan pembuatan
teks prosedur
5. Membuat pokok-pokok pernyataan umum
6. Membuat pokok-pokok tahapan-tahapan
5. Menentukan kerangka
6. Mengembangkan kerangka menjadi teks prosedur
4. Materi Matakognitif:
1. Memahami
langkah-langkah membuat sesuatu
2.
Menyimpulkan teks prosedur untuk diterapkan dalam relevansi kehidupan
sehari-hari
Pertemuan 2 :
1.
Materi Faktual:
Cara
Pembuatan PASPOR
Paspor merupakan sebuah
dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri. Paspor hijau yang
dimiliki oleh warga negara biasa dan paspor biru yang dimiliki oleh para
diplomat atau pejabat negara. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan
dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum masa berlaku paspor
habis atau kita akan dikenakan denda bila melebihi 6 bulan sebelum
masa berlaku habis.
- Datang dahulu ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat.
- Kemudian anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang anda miliki dan bawalah dokumen yang asli.
- Serahkan formulir yang telah diisi ke loket pendaftaran.
- Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian anda masih lama.
- Apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
- Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
- Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru anda sudah selesai dan bisa diambil.
2. Materi Konseptual:
1. Pemahaman
struktur teks prosedur
2. Pemahaman
kebahasaan teks prosedur
3. Materi Prosedural:
Dalam mengorganisasikan
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur hendaknya tidak secara asal-asalan, namun juga harus disesuaikan
dengan prosedur atau langkah-langkah yang sesuai, adapun prosedurnya sebagai
berikut:
1. Memahami
pernyataan-pernyataan umum
2. Memahami
tahapan-tahapan
3. Menentukan
topik
4.
Mengumpulkan referensi bahan pembuatan teks prosedur
5. Membuat
pokok-pokok pernyataan umum
6. Membuat
pokok-pokok tahapan-tahapan
5. Menentukan
kerangka
6.
Mengembangkan kerangka menjadi teks prosedur
4. Materi Matakognitif:
1. Memahami
langkah-langkah membuat sesuatu
2.
Menyimpulkan teks prosedur untuk diterapkan dalam relevansi kehidupan
sehari-hari
Lampiran 2:
1.
Kisi-kisi Soal
a.
Penilaian Sikap
1).Jurnal
penilaian sikap spiritual
a). Nama Satuan Pendidikan : SMA N Candimulyo
b). Tahun Pelajaran :
2017/2018
c).Kelas/ semester :
XI/1
d). Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/ perilaku
|
Butir sikap
|
Sikap dominan positif/negatif
|
|||
Ketaatan beribadah
|
Perilaku syukur
|
Sikap berdoa
|
Sikap mengikuti kegiatan keagamaan
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2). Penilaian
Sikap Sosial
a). Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
b). Kelas/ Semester :
XI/I
c). Materi pokok :
Teks Prosedur
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian perilaku
|
Jml skor
|
Nilai
|
||||
Nasionalisme
|
Integritas
|
Jujur
|
Mandiri
|
Tanggung jawab
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Skor Maksimal =
20
N = Jumlah Skor X 100 =………
Skor Maksimal
b.
Penilaian Pengetahuan
1.
Kisi-kisi soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
HOTS / LOTS
|
Instrumen
|
No.
|
3.1.1 Mengidentifikasi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dalam teks prosedur.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
Simaklah video
prosedur yang ditayangkan! Indentifikasi-lah informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum teks prosedur tersebut!
|
1
|
3.1.2 Mengidentifikasi informasi berupa tahapan-tahapan dalam teks
prosedur.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
Simaklah video
prosedur yang ditayangkan! Indentifikasi-lah informasi berupa tahapan-tahapan
teks prosedur tersebut!
|
2
|
2.
Soal
1.
Simaklah video
prosedur yang ditayangkan! Indentifikasi-lah informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum teks prosedur tersebut!
2.
Simaklah video
prosedur yang ditayangkan! Indentifikasi-lah informasi berupa tahapan-tahapan teks prosedur tersebut!
3.
Alternatif Jawaban
CARA
MENGGUNAKAN KARTU ATM
Kartu ATM adalah salah
satu fasilitas penting bagi nasabah sebuah bank.Dengan kartu ATM, seorang
nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi penting. Transaksi penting
melalui ATM itu, antara lain, adalah
1. Transfer
uang antarbank, baik bank yang sama maupun yang berbeda;
2.
Penarikan uang tunai;
3.
Pembayaran tagihan,
misalnya listrik atau telepon;
4.
Pengecekan saldo
tabungan;
5.
Belanja atau pembayaran
di kasir tempat-tempat tertentu, misalnya swalayan;
6.
Pengisian pulsa telepon
seluler;
7. Pembayaran
tiket pesawat.
Perhatikan panduan ini
baik-baik agar tujuan menggunakan ATM tercapai.Setelah memasuki ruang mesin
ATM, masukan kartu ATM (lihat jangan sampai terbalik, bagian sisi kiri yang
harus dimasukkan terlebih dahulu).Pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda
panah.Tanda panah itulah sisi yang harus dimasukkan terlebih dahulu.Setelah
memasukkan kartu ATM, tunggu sampai layar meminta pilih bahasa.Jika ingin
menggunakan bahasa Indonesia, pilihlah bahasa Indonesia.Kemudian, Anda masukkan
nomor PIN (Personal Identification Number)
rahasia Anda setelah di layar tertera masukkan nomor PIN Anda. Pastikan jangan
sampai ada yang mengintip, sebaiknya rapatkan tubuh Anda ke mesin ATM. Setelah
memasukkan nomor PIN dengan benar, pilihlah transaksi yang diinginkan dengan
menekan tombol yang ada did sisi layar lurus dengan menu transaksi yang lain.
Ikuti perintah selanjutnya sesuai dengan yang tertera di layar. Masukkan jumlah
uang yang akan ditarik (kelipatan Rp 50.000,00 atau Rp 100.000,00) jika Anda
ingin menarik uang. Anda tidak bisa menarik uang dari ATM dengan jumlah,
seperti Rp 22.750.berbeda dengan saat Anda mentransfer uang, jumlah berapa saja
dimungkinkan. Ambillah uang yang keluar dari lubang uang yang ada di bagian
bawah. Jika tidak diambil, mesin ATM akan menunggu oerintah Anda selanjutnya.
Adakalanya di ATM bank yang berbeda pada transaksi penarikan uang justru Anda
diminta mengambil kartu ATM terlebih dahulu.Perhatikan saja perintah yang ada
di layar.
Jika transaksi selesai,
jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai dengan menu yang
tertera di layar.Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil.Pada
transaksi penarikan uang adakalanya mesin ATM tidak mengekuarkan tanda
bukti.Perhatikan saja keterangan yang tertera di layar. Setelah itu, kartu akan
keluar dengan sendirinya. Ambil kartu Anda dan transaksi berhasil.
Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X.
Halaman 54
a.
Pedoman Penskoran
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
SKOR
|
SKOR MAKSIMAL
|
1.
|
- Jika jawaban
ditulis lengkap dan benar
- Jika jawaban
ditulis lengkap dan kurang benar
- Jika menjawab
tapi salah
- Jika tidak ada
jawaban
|
25
20
5
0
|
|
|
|
|
50
|
4.
|
- Jika jawaban
ditulis lengkap dan benar
- Jika jawaban
ditulis lengkap dan kurang benar
- Jika menjawab tapi
salah
- Jika tidak ada
jawaban
|
25
20
5
0
|
|
|
|
|
50
|
Keterangan perolehan skor:
Jumlah skor : Jumlah Skor x
100 = .......
Skor Maksimal
a.
Penilaian
Keterampilan
1. Soal Penugasan/ Projek
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
HOTS
/ LOTS
|
Instrumen
|
No.
|
4.1.1 Menulis atau Menyusun
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan
organisasi yang tepat.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
Buatlah
contoh teks prosedurberdasarkanpernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan organisasi yang tepat.
|
1
|
1.
Soal
1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 siswa, dan pilihlah
salah satu topik bebas!
2. Buatlahteks
prosedur berdasarkan pernyataan
umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan organisasi yang tepat.
3. Beri tanda untuk mengetahuipernyataan umum dan
tahapan-tahapan teks prosedur yang dibuat!
2.
Alternatif Jawaban
CARA
MENGURUS SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM)
Pernahlah Anda mengurus
surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu
dan biaya.Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C
dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara
sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah
bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian
SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga
dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.
Syarat-syarat Administrasi
Berikut adalah dua syarat yang penting untuk
disiapkan.
(1) Fotokopi
KTP 1 lembar
Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan
fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April adalah Rp 120.000,00 (yang
diperinci menjadi Rp 20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp 100.000,00 untuk
biaya pembuatan SIM).Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa
uang lebih (misalnya Rp 150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat
pribadi).Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari
tersebut. Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih
kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat
atau mencari informasi.
(3) Syarat
Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus
dipenuhi
a. Berumur
minimal 17 tahun
Yang
berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
b.
Terampil mengendarai
sepeda motor
Polisi
penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang
dari 1 tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak
pagar waktu menempuh ujian.
c.
Sehat, jernih, dan
tenang
Anda
datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati
yang tenang.
d.
Jangan merasa hebat
Walaupun
sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah
dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu juga.
e.
Harus tahu diri
Belum
tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa
persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian
praktik dan ujian teori.Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya
dengan motor masing-masing.
3.
Pedoman
Penskoran
No
|
Aspek Penilaian
|
Kriteria
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1.
|
|
1.
Pembukaan
2.
Isi sesuai dengan tema yang ditentukan
3.
Penutup
4.
Terdapat kalimat simpleks
5.
Terdapat kalimat kompleks
|
5
10
5
15
15
|
|
Keterangan
perolehan skor:
Nilai
= Jumlah Skor x 2
= .....
Pertemuan 2:
1. Kisi-kisi
Soal
a.
Penilaian Sikap
1).Jurnal
penilaian sikap spiritual
a). Nama Satuan Pendidikan : SMA N Candimulyo
b). Tahun Pelajaran :
2017/2018
c).Kelas/ semester :
XI/1
d). Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/ perilaku
|
Butir sikap
|
Sikap dominan positif/negatif
|
|||
Ketaatan beribadah
|
Perilaku syukur
|
Sikap berdoa
|
Sikap mengikuti kegiatan keagamaan
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2). Penilaian
Sikap Sosial
a). Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
b). Kelas/ Semester :
XI/I
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian perilaku
|
Jml skor
|
Nilai
|
||||
Nasionalisme
|
Integritas
|
Jujur
|
Mandiri
|
Tanggung jawab
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Skor Maksimal =
20
N = Jumlah Skor X 100 =………
Skor Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar